Home Terbaru Israel gempur Rafah demi bebaskan dua sandera, puluhan warga Palestina tewas

Israel gempur Rafah demi bebaskan dua sandera, puluhan warga Palestina tewas

Berita , Video , Live February 13, 2024 3:14 pm

Serangan Israel di Rafah

Sumber #foto, Reuters

Israel melancarkan operasi militer khusus di Rafah untuk membebaskan dua warga Israel yg disandera Hamas pada Hari Senin (12/02). Sedikitnya 48 warga Palestina tewas dan juga serta puluhan lainnya terluka Karena serangan itu, menurut Kementerian Kesehatan di Palestina.

Operasi militer Israel ini muncul tak lama setelah sejumlah saksi mata di Rafah berkata Israel melakukan serangan udara di Rafah bagian utara dan juga serta tengah.

Warga setempat berkata kepada BBC bahwa sejumlah helikopter dan juga serta kapal serta terlibat di dalam serangan tersebut.

Serangan Israel di Rafah telah menewaskan sedikitnya 48 warga Palestina dan juga serta melukai puluhan lainnya, menurut juru bicara Kementerian Kesehatan di Gaza, Ashraf Al-Qidra kepada kantor kabar Reuters, Hari Senin (12/02).

Sebelumnya, Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan bahwa Rafah diserang dari Israel, dengan sejumlah warga Palestina dilaporkan meninggal #dunia.

Serangan itu terjadi setelah sejumlah negara dan juga serta organisasi internasional memeringatkan Israel atas rencananya melakukan serangan terhadap kota yg kini dihuni sekitar 1,5 juta pengungsi Palestina.

peta rafah

di dalam pernyataannya di sosial media, pasukan pertahanan Israel (IDF) mengatakan bahwa di dalam “operasi dengan yg dilakukan IDF, ISA (Badan Keamanan Israel, atau Shin Bet) dan juga serta kepolisian Israel, dua sandera Isral berasal dari Kibbutz Nir Yitzhak diselematkan: Fernando Simon Marman (60) dan juga serta Louis Har (70)“.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant menyebut operasi penyelamatan itu “mengesankan”, seraya menambahkan: “Kami Hendak terus memenuhi komitmen kami untuk mengembalikan [mereka] yg diculik, dengan metode apa pun.“

warga Israel

Sumber #foto, BRING THEM HOME NOW/REUTERS

Pejabat sementara Sheba Medical Center, Armon Aek, mengonfirmasi keberadaan dua sandera yg kini sedang dirawat di fasilitas kesehatan yg ia kelola.

Seperti diketahui, Israel menggempur Jalur Gaza setelah sekitar 1.200 warga Israel tewas Karena serangan Hamas pada 7 Oktober silam. Imbas berasal dari serangan itu, sebanyak 240 orang disandera dari Hamas.

Sejumlah negara dan juga serta organisasi internasional telah memperingatkan Israel atas rencananya melakukan operasi di Rafah, tempat hampir 1,5 juta orang kini mencari perlindungan berasal dari wilayah yg lain di Gaza.

Sekitar 1,4 juta warga Palestina kini memenuhi Rafah – sebagian besar di antara mereka tinggal di tenda-tenda pengungsian. Sementara itu, pasokan makanan, air dan juga serta obat-obatan sangat langka.

banyak berasal dari warga Palestina yg kini tinggal di Rafah terpaksa meninggalkan rumah mereka

Rafah – yg berbatasan dengan Mesir – ialah satu-satunya pintu masuk bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Serangan Israel di Rafah

Sumber #foto, Getty Images

Pada Hari Minggu (11/02), Presiden AS Joe Biden berkata kepada Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, berkata bahwa serangan di Rafah tak dapat dilakukan tanpa perhitungan untuk memastikan keselamatan warga sipil.

Biden meyebut Israel penting “rencana yg kredibel dan juga serta dapat diterapkan” untuk melindungi lebih berasal dari satu serta orang yg tinggal di kota itu, menurut Gedung Putih.

Sementara Menteri Luar Negeri Inggris, David Cameron berkata lebih berasal dari setengah populasi Gaza berlindung di Rafah, sedangkan Arab Saudi memperingatkan adanya “konsekuensi yg serius“ Apabila Rafah diserang.

Hendak tetapi, Netanyahu berkukuh bahwa pihaknya Hendak melakukan operasi tersebut, seraya menambahkan bahwa Ia Hendak menyediakan“jalur aman“ bagi warga sipil yg memilih meninggalkan wilayah itu.

saat ditanya ke mana warga sipil Hendak pergi, Netanyahu mengatakan bahwa terdapat “banyak“ area “yg telah mereka amankan di utara Rafah“ dan juga serta

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video pilihan berikut ini: